Translate

Sunday, November 6, 2011

Aktivitas mengurangi Lupa

Pernahkah kamu merasa kehilangan kunci motor atau mobil karena lupa menaruhnya di mana? Atau pernahkah kamu harus kembali pulang kerumah Karena ada file penting yang tertinggal dirumah padahal sebelumnya kamu sudah menyiapkannya? Bahkan yang paling parah, kamu lupa hari spesial kamu dan orang-orang yang penting dalam kehidupan kamu.. (hayoo.. ngakuu pasti pernah mengalaminyakan?)
Hal-hal seperti itu sering kita alami dalam kehidupan kita, namun kita menganggap hal-hal tersebut adalah hal yang wajar karena faktor umur atau kita sibuk dengan aktifitas keseharian kita..
Heemm.. jangan salah, ternyata lupa bisa kita kurangi lhoo.. penasaran bagaimana caranya? Jangan banyak basa-basi dech, langsung baca aja yach..
Aktivitas mengurangi lupa dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut:
1.   Cobalah dengan kegiatan terbalik dari aktivitas yang biasa kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari
Jadi.. jika kamu bukan kidal, cobalah dengan menulis dengan menggunakan tangan kiri dan sebaliknya yach.. jika kamu kidal belajarlah menulis dengan menggunakan tangan kanan.. atau kamu juga bisa melakukan jogging dengan jalan mundur.. (mungkin yang ini agak aneh yach kalo dilakukan sendiri, tapi tak ada salahnya jika mau mencoba)
2.   Minum air putih
Dah tau kan banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh kita? (bagi yang belum tau. Cari tau sendiri aja yach. Hihihihihi..) dan ternyata manfaat air putih juga dapat mengurangi lupa.. jadi bagi yang gak suka minum, belajarlah dari sekarang untuk memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari yach..
3.   Istirahat
Nich khusus bagi yang suka begadang kurangilah aktifitas begadangnya.. (bang H.Roma juga dah ngelarang buat begadangkan?) istirahatkanlah mata kita setelah penat seharian beraktivitas, minimal kita mengistirahatkan mata kita 7 jam dalam sehari.. 
4.   Latihan menarik nafas dengan baik
Mari belajar menarik nafas dengan baik (jangan biasakan kita bernafas seperti sehabis lari memutari GBK sebanyak 10X, boros boo.. bisa-bisa yang lainnya sesak nafas karena kehabisan udara) tariklah nafas dengan perlahan dan biarkan udara masuk kedalam paru-paru kita keluarkanlah dengan perlahan melalui mulut kita. Cukup melakukan kegiatan ini selama 10 menit dalam sehari.
5.   Batasi waktu menonton TV
Batasilah aktifitas kita dalam menonton TV, jika ingin menonton TV cukup menoton acara yang menambah pengetahuan kita (bukan bermaksud mendeskriminasikan acara TV lho..) dan itupun jangan lebih dari 2 jam setiap harinya. Karena jika seseorang menonton TV lebih dari 2 jam dalam sehari.. maka akan menyebabkan Alzheimer.
6.   Membaca
Untuk mengurangi aktifitas menonton TV, lebih baik kita mengalihkan dengan membaca buku. Terutama buku-buku seperti novel karena dengan membaca novel maka secara tidak langsung membuat otak kita berfikir, bagaimana kelanjutan ceritanya.
 7.   Membuat catatan kecil
Membuat catatan kecil ternyata sangat membantu kita dalam hal mengingat sesuatu. Karena menulis dapat membantu dalam mengingat sebanyak 20%.
8.   Menari
Menarilah dan terus tertawa.. walau dunia tak seindah surga (ternyata soundtract sebuah film ini juga ada manfaatnya dalam mengurangi lupa kita)
9.   Berhati-hati dalam mengkonsumsi obat
Jika kita merasa sedang tidak enak badan, dan ingin meminum obat.. saran saya berhati-hatilah dalam memilih obat.. karena ternyata obat-obatan yang mengandung asetaminofen dapat membuat kita bertambah lupa
10. Hilangkan fikiran negatif
Poin yang paling penting adalah Hilangkan fikiran negatif, biasakanlah jika kita sedang mempunyai fikiran negative rubahlah menjadi fokoran yang positip..

Okey.. itulah tips untuk mengurangi lupa.. 
saya harap dapat kamu praktekkan yach..

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
i'm totally a complicated person, it's so hard to understand me but i am what i am? and i prefer like me not because my phisical appearance or anything but simply,because me is me..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls